Monday, May 6, 2019

author photo
Rahasia Membuat Umpan Ikan Lele Paling Jitu-Mempunyai sebuah resep rahasia atau olahan untuk umpan ikan rahasia merupakan sebuah kewajiban bagi seorang pemancing, apalagi jika sobat suka galatama atau suka mancing ikan dikolam dalam bentuk harian atau lainnya. Nah untuk membuat umpan rahasia yang cukup ampuh buat sobat yang suka mancing dikolam atau galatama, kali ini admin akan share resep rahasia membuat umpan untuk ikan lele yang paling jitu.

Rahasia Membuat Umpan Ikan Lele Paling Jitu

Pada tutorial kali ini, admin akan share tips untuk ikan lele. Kenapa ikan lele?, karena ikan lele merupakan jenis ikan yang paling sering diperlombakan baik untuk galatama maupun metode pemancingan lainnya, berikut penjelasan selengkapnya rahasia resep membuat umpan ikan lele paling jitu.

Sebelum mulai membahas resep membuat umpan ikan lele paling jitu, admin akan share jenis-jenis hewan yang biasa digunakan untuk memancing ikan lele, diantaranya ialah :

1. Umpan Cacing.
Cacing termasuk hewan kecil yang notabenya juga sangat disukai oleh ikan lele. Ada beberapa jenis cacing yang cukup disukai. Menurut beberapa pendapat beberapa ahli, lele lebih menyukai jenis cacing cobra dan cacing merah. Untuk jenis cacing tanah, lele dianggap lebih menyukai cacing lur.

Biasanya kebanyakan pemancing, baik itu pada saat lomba galatama maupun pada saat memancing biasa di sungai. Jenis umpan lele yang satu ini di pasang di kail pancing dalam bentuk bergerombol mirip bentuk bola bergerak-gerak yang bisa menarik perhatian lele ketika berada di dalam air.

2. Umpan Jangkrik dan Orong-orong.
Jangkrik dan orong-orong termasuk umpan lele yang juga sangat disukai. Biasanya kedua hewan kecil tersebut cukup diandalkan pada saat memancing di sungai maupun di kolam lomba. Ukuran tubuhnya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil juga, sehingga dapat langsung dipasang sekaligus di kail pancing.

Melihat tubuh utuhnya yang belum sepenuhnya mati di pasang kail tersebut, secara tidak langsung lele juga bisa terpancing dan mendekati serta langsung melahapnya.

3. Umpan Katak Kecil.
Katak kecil atau kecebong juga bisa menjadi menu utama para ikan lele. Ukuran tubuhnya juga tidak terlalu besar dan kecil, sehingga bisa langsung sekaligus di pasang dalam bentuk utuh di kail pancing.

Jenis umpan ikan lele yang satu ini sangat cocok untuk menggoda jenis ikan lele jumbo, mengingat postur tubuhnya yang lebih besar daripada lele lokal. Melihat bentuk badan kecebong yang aneh dan unik, lele dianggap akan tertarik dan langsung menyambar kail.

4. Umpan Usus Ayam.
Dari sekian banyak jenis umpan lele, mungkin jenis inilah yang mungkin sedikit berbeda. Dimana untuk mendapatkannya sendiri tidaklah mudah, terkecuali para menghobi berkenan membeli memotong ayam untuk diambil ususnya.

Mungkin dari tidak dari segi bentuk, melainkan lebih ke unsur ramuan essen. Usus lele dianggap bisa menimbulkan aroma yang sangat menggoda untuk lele. Bahakan jenis pakan atau umpan yang satu terhitung lebih ampuh dan jitu pada saat di kolam galatama lele.

5. Umpan Daging.
Karena ikan predator, lele tentunya sangat menyukai jenis umpan berbahan daging. Apapun jenis dagingnya, entah itu daging ayam, sapi, kambing dan sebagainya, lele jumbo atau lokal tidak akan ragu menyambarnya. Mungkin sedikit berbeda dengan usus ayam, jenis umpan lele yang terhitung tidak murah ini lebih bisa memancing nafsu makan lele.

Terlebih lagi ketika hujan sedang turun, nafsu makan lele akan meningkat dua kali lipat dan tanpa ragu langsung menyambar kail yang sudah terpasang jenis umpan yang satu ini.

6. Umpan Kadal Rumput dan Cicak Bakar.
Menurut pengalaman beberapa penghobi lain, lele juga sangat menyukai kadal rumput dan cicak. Hanya saja sedikit berbeda dengan umpan jenis hewan kecil lainnya yang bisa disajikan mentah-mentah. Kedua jenis umpan lele ini harus dibakar setengah matang terlebih dahulu baru bisa dijadikan umpan mancing.

Dimana aroma bau gosong dan ditambah dengan aroma amis kedua binatang tersebut bisa memancing nafsu makan lele. Biasanya penghobi memotongnya kecil-kecil menjadi beberapa bagian dan dipasang di kail pancing.

7. Umpan Ikan Kecil.
Sebagaimana dengan julukan yang telah berikan, lele tidak hanya dieknal sebagai ikan predator, melainkan juga dikenal sebagai hewan kanibal. Disamping memangsa jenis ikan yang berukuran lebih kecil darinya, ia juga tak segan memakan sendiri anak-anaknya ketika sedang kelaparan.

Demikian penjelasan mengenai rahasia membuat umpan ikan lele yang paling jitu, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

Referensi : Diambil dari berbagai sumber.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post